Thursday 14 June 2018

Penjelasan Teknologi Monitor

Penjelasan Teknologi Monitor - Monitor CRT (cathode ray tube) adalah teknologi tampilan yang sekarang sudah populer bahkan hingga abad ke-21. Sebuah tabung sinar katoda berisi beberapa senjata elektron, yang api elektron melalui vakum ke fosfor "piksel". Tiga warna fosfor "piksel" hadir (merah, hijau dan biru), dan defleksi oleh medan magnet menentukan mana yang akan dinyalakan. Meskipun reproduksi warna dan kontras sangat baik dalam model monitor CRT yang belakangan, monitor LCD modern (lihat di bawah) jauh lebih tipis dan lebih ringan, sambil memberikan rasio kontras yang luar biasa, reproduksi warna yang baik dan waktu respons. Daftar istilah sekarang-redundan terkait dengan monitor CRT dapat ditemukan di bagian akhir artikel Monitor PC ini.






Monitor LCD (liquid crystal display)

Layar LCD adalah standar tampilan saat ini untuk sebagian besar monitor PC, layar TV, dan perangkat elektronik seperti kamera digital, ponsel, dan pemutar MP3. Monitor LCD PC biasanya mengandung dua filter polarisasi dengan Pokercc sel kristal cair atau piksel. Lampu latar menciptakan cahaya yang melewati filter pertama, sementara elektroda mengatur arus yang melewati kristal cair dan menentukan keselarasannya. Elektroda mengatur keselarasan kristal, menentukan warna terang dan intensitas gambar.

OLED (pemancar emisi cahaya organik) memonitor

OLED (organic light emitting diode) adalah teknologi layar baru yang belum menjadi mainstream monitor PC terutama karena biaya tinggi yang saat ini terkait dengan pembuatan monitor OLED. Monitor OLED menggunakan prinsip electroluminescence; menggunakan material yang bersinar ketika arus diterapkan, daripada mengandalkan lampu latar. Ini berarti bahwa monitor jauh lebih tipis dan lebih terang, memiliki rasio kontras yang tak tertandingi, reproduksi warna dan waktu respons dan bahkan dapat dibuat fleksibel. Meskipun teknologi ini saat ini tidak digunakan pada monitor PC, layar yang lebih kecil seperti pada ponsel layar sentuh high-end, kamera digital dan TV Sony XEL-1 11 inci yang indah (ditampilkan dalam video di bawah) menampilkan teknologi OLED.

Terminologi monitor PC

Monitor lampu latar

Lampu latar digunakan di monitor LCD untuk menerangi kristal cair, seperti yang telah dieksplorasi sebelumnya. Ada dua jenis utama dari lampu latar. Jenis yang paling umum di monitor PC adalah lampu latar CCFL (cold cathode fluorescent lamp), yang melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menerangi layar ke berbagai intensitas. Lampu CCFL bagus dalam menerangi layar ke berbagai intensitas, dan dalam kasus ini WCG (gamut warna lebar) lampu CCFL - memberikan warna yang luas hingga 96% ruang warna NTSC.

Beberapa produsen menggunakan jenis lampu latar alternatif, yang melibatkan penggunaan LED berwarna (merah, hijau dan biru) (dioda pemancar cahaya) untuk menerangi layar. Karena intensitas LED dapat dikontrol secara individual (serta dengan presisi tinggi dan kemerataan), kontras variabel dapat digunakan di layar dan kontras unggul secara teoritis dapat diperoleh. Lampu latar LED juga jauh lebih efisien, bebas merkuri dan memberikan output panas yang lebih rendah daripada lampu CCFL. Menggunakan RGB LED juga memperluas gamut warna monitor secara signifikan (mengambil hingga 114% dari ruang warna NTSC).

Teknologi alternatif adalah penggunaan LED 'putih' yang sangat efisien di sekitar perbatasan layar (biasanya disebut sebagai 'edge-lit'). Keuntungan nyata dari teknologi LED tepi-terang pada backlighting di belakang layar adalah Anda dapat membuat layar yang jauh lebih tipis dan lebih terang. Kemurnian cahaya dan responsif terhadap berbagai intensitas cahaya juga dapat memberikan keuntungan pencahayaan yang berbeda dan dirasakan atas CCFL backlighting, meskipun gamut warna yang sebenarnya tidak secara tipikal diperluas melampaui lampu CCFL biasa. Tanpa kedalaman warna yang sesuai tinggi (seperti yang disediakan oleh PVA / IPS dan panel lebih mahal lainnya), tidak ada gunanya bahwa backlight lebar-gamut menawarkan sedikit keuntungan.

Gamut warna

Ini adalah rentang warna, dari spektrum yang terlihat, yang dapat diproduksi oleh monitor PC. Gambar di bawah ini menunjukkan warna dari spektrum yang terlihat, dengan segitiga yang mewakili NTSC (komite sistem televisi nasional; yaitu gamut warna teoritis maksimum gambar yang disiarkan di TV) dan gamut warna khas monitor backlit CCFL, monitor LED backlit berwarna putih dan merah- monitor backlit berwarna hijau-biru (RGB). Meskipun tidak ditampilkan dalam gambar, monitor PC OLED masa depan yang khas kemungkinan besar akan diwakili oleh segitiga yang secara signifikan lebih besar - mewakili gamut warna yang sangat luas.

No comments:

Post a Comment